Bakti Kesehatan Polda Riau Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Layani Ribuan Warga dengan 14 Fasilitas Kesehatan

Nasional, News, Polri2 Dilihat

KABARONLINE.ID | Pekanbaru – Polda Riau menyelenggarakan acara bakti kesehatan massal dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 pada Rabu, 26 Juni 2024. Acara yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, dihadiri oleh ribuan masyarakat dan berbagai pejabat terkemuka.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal beserta istri, Ny Nindya Iqbal. Wakapolda Brigjen.Pol. K. Rahmadi, Perwakilan Danlanud RSN, Wakajati prov. Riau Rini hartatie, SH.MH. Ketua PP Polda Riau KBP (Purn) Drs. Fachruddin Bakar, Ketua KBPP Polri, Perwakilan Ketua FKUB Provinsi Riau, Ketua KNPI Prov. Riau, Pj. Gubernur yang diwakili Kadis Kes serta Para PJU Polda Riau.

banner 336x280

Acara ini menyediakan 14 fasilitas kesehatan, meliputi:

  1. Layanan disabilitas
  2. Spesialis anak
  3. Penanganan stunting
  4. Spesialis kulit
  5. Penyakit dalam
  6. Spesialis bedah
  7. Spesialis syaraf
  8. Bedah umum
  9. Poli gigi
  10. Pelayanan KB
  11. Fisioterapi
  12. Spesialis ortopedi
  13. Donor darah
  14. Khitan massal

Dalam sambutannya, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara ini.

“Alhamdulillah, acara ini ramai dan semua bahu-membahu berorientasi kepada kepentingan masyarakat,” ujar Kapolda.

Irjen Pol Mohammad Iqbal menekankan bahwa peran kepolisian tidak hanya sebatas penegakan hukum.

“Hari ini kita menunjukkan bahwa polisi bukan saja menangkap maling atau melakukan penegakan hukum. Kita hadir sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, memberikan hal-hal yang bermanfaat melalui bakti kesehatan,” tegasnya.

Kapolda Juga memberi Piagam penghargaan kepada rumah sakit dan lembaga kesehatan yang turut berpartisipasi, di antaranya RS. Bhayangkara, RS. Tentara, RS. AU Dr.Sukirman, RS. Awal bros, RS Prima, RS. Eye Center pku, RS. Ibnu sina, RS. Syarira, RS. Santa maria, RS. Daerah madani, RS. Aulia, RS. Eka hopital, Bkkbn Prov Riau., PMI Pekanbaru, Lab. Pramita dan yayasan Budha Suci Pekanbaru.

Tak ketinggalan Ketua Bhayangkari Polda Riau, Ny Nindya M. Iqbal, juga turut memberikan bantuan berupa 2 unit kursi roda dan dua unit Kaki palsu serta bingkisan kepada peserta sunat massal dan anak-anak penderita stunting.

Kapolda Riau berjanji bahwa pelayanan kesehatan tidak akan berhenti hanya pada acara ini.

“Sudah menjadi komitmen kita untuk menindak lanjuti dan merujuk ke rumah sakit mitra jika ada hal-hal yang perlu ditangani lebih lanjut,” tegasnya

Di Ahir Acara Kabid Dokkes Polda Riau, Kombes Pol dr. Wahono Edhi Prastowo Sebagai Ketua Pelaksanan acara tersebut menyampaikan bahwa semua fasilitas kesehatan yang di sediakan geratis

“Hari ini adalah rangkaian HUT Bhayangkara yang ke-78. Polda Riau melaksanakan bakti kesehatan serentak dengan Mabes Polri,” ujar dr. Wahono. Ia merinci layanan kesehatan yang disediakan beserta targetnya:

  1. Pengobatan umum dan spesialis: 1.500 pasien
  2. Donor darah: 1.000 kantong
  3. Khitan massal: 150 anak
  4. Penanganan stunting: 50 orang
  5. Layanan disabilitas: 678 orang
  6. Operasi katarak: 50 orang
  7. Operasi bibir sumbing: 50 orang
  8. Tato removal: 20 orang
  9. Pelayanan KB: 50 ibu

“Alhamdulillah, hari ini berjalan lancar dan melebihi target yang telah ditetapkan, Pelayanan akan terus berlangsung hingga selesai.” ungkap dr. Wahono.

Kegiatan bakti kesehatan ini mencerminkan upaya Polri untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan pelayanan yang bermanfaat langsung bagi warga, sekaligus memperingati Hari Bhayangkara dengan cara yang bermakna dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

‚Äúcerminan upaya Polri untuk lebih dekat dengan masyarakat kita telah siapkan untuk Seluruh peserta akan mendapatkan sembako yang telah kita siapkan” pungkasnya